Makalah Metode Penulisan dan Penelitian Hukum

PENGERTIAN PENULISAN

 

Disusun oleh:

Nama               : Bolmer Suryadi Hutasoit

NIM                 : 8111409160

Mata Kuliah  : Metode Penelitian dan Penulisan Hukum

Oleh                 : Suhadi, Saru Arifin

 

 

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

SEMARANG

2010

PENULISAN

Penulisan boleh merujuk kepada dua kegiatan:

  • menulis aksara pada perantara dengan tujuan untuk membentukkan perkataan dan gagasan yang lain yang mewakili bahasa atau maklumat tercatat; dan
  • penciptaan bahan-bahan yang disampaikan melalui bahasa tulisan.

Tulisan dapat membantu ahli-ahli sejarah untuk memperolehi maklumat mengenai zaman silam daripada sumber ditulis, dilakar atau dipahat pada batu, dinding gua, kulit kayu, logam, gading, dan kertas.

Menulis adalah representasi bahasa dalam tekstual media melalui penggunaan seperangkat tanda atau simbol (yang dikenal sebagai sistem penulisan). Dengan menulis, manusia mengetahui dan juga dengan menulis manusia diketahui.

Sebuah contoh yang konkrit dalam kehidupan kita bahwa menulis dapat memunculkan karakter manusia yang bisa terlihat dan terbaca oleh lingkungannya.

Menulis adalah perpanjangan dari bahasa manusia di waktu dan ruang. Menulis paling mungkin mulai sebagai konsekuensi dari ekspansi politik dalam budaya kuno, yang dibutuhkan berarti handal untuk transmisi informasi, memelihara rekening keuangan, menyimpan catatan sejarah, dan kegiatan serupa. Sekitar 4 SM milenium, kompleksitas perdagangan dan administrasi outgrew kekuatan memori, dan menulis menjadi metode yang lebih diandalkan pencatatan dan penyajian transaksi dalam bentuk yang permanen. Dalam kedua Mesoamerika dan Mesir Kuno menulis mungkin telah berkembang melalui calendrics dan kebutuhan politik untuk merekam peristiwa sejarah dan lingkungan.

Menulis, lebih khusus lagi, mengacu pada dua hal: menulis sebagai kata benda , hal yang ditulis, dan menulis sebagai kata kerja , yang menunjuk aktivitas menulis. Hal ini mengacu pada tulisan dari karakter pada medium, sehingga membentuk kata-kata , dan unit yang lebih besar dari bahasa , yang dikenal sebagai teks. Hal ini juga mengacu pada penciptaan makna dan informasi sehingga dihasilkan. Dalam kaitan itu, linguistik (dan yang terkait ilmu ) membedakan antara bahasa tulis dan bahasa lisan. Pentingnya media dimana makna dan informasi yang disampaikan ditunjukkan dengan perbedaan yang dibuat dalam seni dan ilmu. Sebagai contoh, ketika berbicara di depan umum dan membaca puisi adalah kedua jenis pidato , mantan diatur oleh peraturan retorika dan yang terakhir oleh puisi .

Seseorang yang menyusun pesan atau cerita dalam bentuk teks umumnya dikenal sebagai penulis atau penulis . Namun, sebutan lebih spesifik ada yang ditentukan oleh sifat khusus teks seperti yang dari penyair , esais , novelis , dramawan , wartawan , dan banyak lagi. Seorang penerjemah adalah seorang penulis multibahasa khusus yang memahami sepenuhnya pesan yang ditulis oleh orang lain dalam satu bahasa; penerjemah tugas ini adalah untuk menghasilkan dokumen pesan setara dengan setia dalam bahasa yang berbeda sama sekali. Seseorang yang transcribes atau menghasilkan teks untuk menyampaikan pesan yang ditulis oleh orang lain dikenal sebagai juru tulis , juru ketik atau seter . Seseorang yang memproduksi teks dengan penekanan pada estetika dari mesin terbang yang dikenal sebagai ahli kaligrafi atau desainer grafis .

Menulis juga merupakan khas manusia kegiatan. Dalam penulisan Budaya Barat sering hanya dianggap sebagai representasi dari bahasa dalam tekstual media melalui penggunaan seperangkat tanda atau simbol (yang dikenal sebagai sistem penulisan ). Menulis dapat menggunakan karakter abstrak yang mewakili unsur-unsur fonetis dari pidato, seperti dalam bahasa Indo-Eropa, atau dapat menggunakan disederhanakan representasi obyek atau konsep, seperti di timur-Asia dan Mesir kuno bentuk tulisan piktografik. Namun, dibedakan dari ilustrasi , seperti menggambar gua dan lukisan , dan non-simbolis pelestarian bahasa melalui media non-tekstual, seperti audio tape magnetik .

Wells berpendapat bahwa menulis memiliki kemampuan untuk “menempatkan perjanjian, hukum, perintah-perintah pada catatan. Hal ini menyebabkan pertumbuhan negara-negara yang lebih besar daripada negara-negara kota tua mungkin Perintah imam atau raja dan cap itu bisa pergi jauh melampaui pandangan dan suara. dan bisa bertahan kematiannya.

Sebuah suku kata adalah seperangkat simbol-simbol tertulis yang merupakan (atau perkiraan) suku kata. Sebuah mesin terbang dalam suatu suku kata biasanya merupakan konsonan diikuti dengan vokal, atau hanya vokal saja, meskipun dalam beberapa script suku kata yang lebih kompleks (seperti konsonan-vokal-konsonan atau konsonan-konsonan-vokal) mungkin telah mendedikasikan mesin terbang.

Sebuah alfabet adalah serangkaian kecil dari simbol-simbol, yang masing-masing sekitar mewakili atau historis mewakili fonem bahasa. Dalam sempurna fonologis alfabet, fonem dan huruf akan cocok dengan sempurna dalam dua arah: penulis bisa memprediksi ejaan kata yang diberikan pengucapan, dan pembicara bisa memprediksi pengucapan ejaan kata yang diberikan perusahaan. Sebagai bahasa sering berkembang secara independen dari sistem mereka menulis, dan sistem penulisan telah meminjam untuk bahasa-bahasa mereka tidak dirancang untuk, sejauh mana huruf-huruf abjad yang berhubungan dengan fonem bahasa sangat bervariasi dari satu bahasa ke bahasa lain dan bahkan di dalam satu bahasa.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://dinoyudha.multiply.com/journal/item/5 diakses 9 September 2010 13:51

http://pesantren.uii.ac.id/content/view/90/1/ diakses 9 September 2010   13.54

About these ads

Perihal Omer
Think Globally and Act Globally - WJ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 920 pengikut lainnya.